Urgensi Restorasi

            Masalah sosial merupakan suatu fenomena sosial yang mempunyai berbagai dimensi. Dimensi sosial, politik, dan pendidikan mungkin setiap tahunnya selalu menjadi bahan kajian para ahli untuk ditelaah agar menghasilkan produk yang mampu memberikan manfaat lebih untuk negeri ini. Namun, masalah tetaplah sebuah masalah yang akan terus ada bahkan berevolusi menjadi lebih kompleks.

             Pemimpin yang baru diharapkan mampu membawa perubahan yang signifikan terhadap bangsa ini. Masalah-masalah yang ada menjadi teratasi atau minimal kadar masalahnya berkurang. Berangkat dari sejarah Jepang, Restorasi Meiji adalah sebuah turning point untuk menciptakan Jepang yang baru. Sebelum adanya restorasi ini, Jepang adalah Negara yang terisolasi dan miskin. Dalam kurun waktu bergulirnya Restorasi Meiji (Meiji Ishin) tahun 1868 dan dekade sesudahnya, bangsa Jepang telah membuktikan diri kepada dunia sebagai bangsa  rangkaian kejadian yang menyebabkan perubahan pada struktur politik dan sosial Jepang.

perumusan restorasi meiji
perumusan restorasi meiji

             Memang tidak semua cara restorasi meiji tidak diimplementasikan di Indonesia, namun restorasi meiji bisa menjadi cermin bagaimana kegigihan Jepang dalam menikmati proses menjadi Negara besar sekarang. Kalau Negara ini terlalu jauh untuk mengikuti cara-cara yang dilakukan Jepang dalam melakukan restorasi, etos kerja dan mental tidak ingin serba cepat yang pas untuk kita ambil. Rendahnya etos kerja dan mentalitas ingin serba cepat inilah yang mendorong manusia melakukan tindakan yang korup. Korupsi seolah menjadi santapan tiap tahun bagi republic ini, bahkan department yang seharusnya menjadi pertahanan akhir aspek mental dan spiritual menjadi salah satu departemen yang tinggi dalam masalah korupsi.

            Hal yang terpenting dari restorasi ini adalah restorasi dibidang pendidikan, yaitu mengubah sistem pendidikan dari tradisional menjadi modern (saat itu dimulai dengan mengadopsi sistem Jerman), program wajib belajar, mengirim mahasiswa Jepang untuk belajar ke luar negeri (ke Perancis dan Jerman), dan meningkatkan anggaran sektor pendidikan secara drastis.

             Fokus perhatian Negara seharusnya tidak selalu berorientasi pada pengurangan angka kemiskinan saja, tetapi isu-isu seperti peningkatan taraf hidup masyarakat harus dilirik. Berangkat dari restorasi meiji, jepang dalam kurun waktu 50tahunan berubah menjadi Negara maju, kondisi Jepang saat sebelum restorasi memang tidak seperti keadaan kita pada tahun yang sama. Tapi, fokus Jepang yang juga memikirkan pemberdayaan masyarakatnya menjadi penyebab Jepang bergerak secara signifikan. saya rasa Indonesia pun bisa seperti Jepang apabila masyarakatnya juga ikut dibangun, minimal mengubah mental diberi menjadi berdiri sendiri, negara ini ke depan akan seperti negara maju di Asia.

 

2 thoughts on “Urgensi Restorasi

anotasi

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s