Harap

Matamu masih sembab, menggelap disekililingnya seperti Panda. kamu sadar, deretan café-café yang membujur di jalan telah memanggil kenangan-kenangan yang ternyata menganiaya kedamaian hatimu. kamu terus saja berusaha menguatkan, bukan hatimu, tetapi orang lain yang sempat kamu kira mencintaimu. Pun dengan itu kamu bisa belajar satu hal bahwa ketakutan yang paling hina bukan bertemu setan mata satu, tetapi memberikan kepercayaan pada orang yang dicintai. Ia bisa menjadi pegangan, atau barangkali menjadi hulu parang yang kapanpun siap menikam.

Lembar putih November kamu tintakan dengan air mata. Kamu bilang, Harapan itu tak kenal batas ruang dan waktu, ia rela menembus sela-sela terkecil dalam dunia dan mencuat pada langit-langit hanya sekadar memenuhi perintah. Tetapi, matamu sudah lelah berharap. Kamu belum juga sadar bahwa pengkhianatan telah menusuk dinding-dinding sensitif dalam tubuhmu.

Rasa sakit adalah karib yang paling setia setelah harapan. Harapanmu sesaat telah membuatmu gila, tapi aku tahu ada alasan dalam kegilaan. Kamu paham ini, tanpa luka, harapan tak akan terlukis indah. Kita mengerti akan harapan. Kita bebas berharap sampai denyut nadi terakhir.

Pagi itu kamu terbangunkan oleh sesuatu yang mendenyut-denyut di atas matamu, sebuah biji yang tanpa setahumu masuk ke dalam kulit, sekarang sedang menumbuhkan akar pada otakmu untuk mengubah diri menjadi pohon paling teduh sejagat raya. Pohon besar, rindang, dan sepi bila tak terisi. Tak perlu takut, setiap sepi akan mendewasakanmu. Ia akan memopohmu sampai kamu bisa berjalan, berlari meninggalkan reuni-reuni harapan dalam pikiran.

Advertisements

6 thoughts on “Harap

  1. harapan dan kepercayaan menambah semangat kehidupan,
    sakit dan kekecewaan, menambah kedewasaan,
    rasa sepi membuat kitagw kali melihat diri dengan cara berbeda.

leave your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s