Asli atau Palsu

IMG_20141030_202109

sebetulnya, tidak ada yang terlihat lebih dari sebuah tas jansport. mungkin ini karena sudah banyak sekali menyebar imitasinya, alhasil jansport menjadi barang kodian yang semua orang dapat miliki. kalau kalian lihat rupanya, tas jansport umumnya hanya ada dua ritsleting, untuk besar dan kecil. sedangkan tas merk lain, lebih dari dua ritsleting. karena orang kita senang sekali menyempilkan sesuatu ke berbagai tempat. jansport dengan dua ritsletingnya dapat dibandrol dengan harga yang lebih tinggi daripada tas yang memiliki kantung banyak.

belum lagi bahannya yang kanvas dan tembus air semakin mempertanyakan kenapa tas dengan model seperti ini dipakai banyak orang? hal ini terus saya pertanyakan seiring dengan mata kuliah teori sosiologi mengajarkan saya akan kapitalisme.

terlepas dari teori, seiring dengan berjalannya waktu saya mengerti memakai barang original. ada satu kejadian di mana saya membeli tas dengan model seperti jansport. kala itu, saya membelinya dengan harga lima kali lipat di bawah harga jansport original. saya gunakan untuk keperluan sekolah, berisi buku, laptop, dan printilan-printilan lainnya. dilalah, ketika hari itu diharuskan membawa buku banyak dan peralatan lainnya, di perjalanan, tas saya jebol. buku-buku berpapasan sama aspal-aspal jalan. sakitnya sih gak seberapa, tapi malunya itu lho….. jujur saja saya tidak kapok untuk beli barang non-original karena saya piker untuk apa menghabiskan uang banyak untuk model seperti itu.

sampai di satu waktu saya semakin disadarkan bahwa rasa kepemilikan akan suatu barang tidak besar. artinya, saya menganggap itu hal yang mudah dicapai sehingga secara pemikiran dapat mudah dicari lagi. tas yang sudah dibeli ya hanya digunakan saat butuh, selebihnya hanya menjadi tumpukan bersama barang-barang bekas lain. lantas, saya memutuskan untuk membeli barang original, khususnya tas. lagi-lagi, naluri impulsive saya bergerak. maunya dalam waktu dekat harus sudah ada itu barang.

kemudian, teman menyarankan untuk beli di situs jual beli online. saya sebenarnya takut membeli barang original di situs jual beli online karena sistemnya kita gak ketemu seller secara langsung. jadi kalau dia berniat menipu tinggal kabur lalu menghilang. saya tahu saya terlalu berpikir pendek dengan mengeneralisir semua situs belanja online seperti itu, tapi ternyata saya dibuktikan dengan melakukan pembelian di zalora.

saya memang berencana membeli jansport, dalam hal ini saya menginginkan tas original. mata saya terbelalak melihat katalog jansport yang begitu banyak. ini memudahkan saya memilih dari depan laptop. tanpa pikir panjang, saya memilih warna hitam. Jansport Superbreak, tas simple berbahan kanvas tanpa kulit di bawah resmi menjadi milik saya tiga hari kemudian.

kalau dihitung-hitung, dari waktu saya membelinya sampai saya menulis ini, sudah hampir satu tahun menggunakannya namun tidak ada masalah apa-apa. padahal, jumlah barang bawaan lebih berat daripada SMA dulu. harga memang menentukan kualitas, sih. saya sudah pakai jansport ini untuk backpacker, dan tidak masalah. satu hal yang dapat saya pelajari, ketika membeli barang original rasa kepemilikan akan barang itu besar sekali.

barang asli maupun palsu adalah pilihan, masing-masing memiliki konsekuensinya sendiri.

the choice is yours

10 thoughts on “Asli atau Palsu

  1. Jaman kuliah dulu gw seringnya beli barang ekspor yang gak lulus seleksi ato kalo gak barang bekas dari luar yang diimpor ke sini. Muraaaah banget barangnya, wong jualnya kodian tapi karena rajin milih dapet yang lumayan dna kualitasnya oke. Kalo pake yang kw kan suka asal mbikinnya ya Van. Batang asli emang jauh lebih terjamin lah ya kualitasnya.

  2. Ada rupa ada harga ya, Mas. :hehe.
    Dan dihitung-hitung, memang jatuhnya lebih murah kalau beli yang original, sih…
    Jadi kepingin beli tas jansport kan saya :haha. Terima kasih link-nya :hehe.

  3. Setuju, saya sendiri lebih suka beli original dibandingkan kw. Bukan maksud untuk pamer, tapi memang kualitas tentu lebih baik dan bisa lebih terpercaya. Lagipula barang original gak semua mahal.

  4. Bener banget, gue sebelum beli jansport suka liat review nya dulu di youtube

    masalah durability nya. Banyak percobaan seperti waterproof test, scratch test,

    sampe ditendang2 itu tas masih tetap kuat. Saran gue sih klo beli barang yang

    sifatnya dipakai tiap hari mending beli yang ori sekalian. Bayar mahal sedikit tapi

    awetnya bertahun2. Ketika gue beli WAKAi shoes pun begitu. #AcceptNoImitations 🙂

    1. Barang original mah mahal gan.. itu buat yang suka tahan bak belanja2 aja hehehe.. kl barang fashion sih suka ganti2 modelnya. jadi kl gak beli yang baru gak update nantik ehehehe..

      Btw penggemar wakai juga ya? sy malah jual wakai yang Grade Ori gan.. 🙂

anotasi

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s