Manusia Egois

Ada yang harus diterima dibalik kenyataan yang tabah, ialah kedengkian yang menjelma menjadi palu godam yang mengetuk-ngetuk hati serta pikiran. Ia yang membuat keadaan seperti luka yang ditusuk oleh mur atau paku berkarat. Ketimbang hal-hal baik, saya rasa manusia lebih terbentuk oleh proses bagaimana ia melewati rasa malu yang luar biasa. Manusia memiliki kepekaan berlebih tentang apa yang dipikirkan manusia lain, sehingga konsep akan dirinya sendiri hilang.

Tapi tidak ada yang salah dengan bagaimana manusia belajar memaknai hidup. Selayaknya, nasihat yang datang dari orang jahat sekalipun selama membuat keadaannya baik, saya rasa tidak masalah. Toh nantinya segala pengalaman akan berujung pada keegoisan. Merasa diri paling beradab dan paling benar tanpa cacat.

Agaknya berdamai antar negara perang lebih mudah dibanding berdamai dengan keegoisan. Mungkin Richard Dawkins benar, dalam bukunya Selfish Gene, gen cenderung bersifat egois. Ia akan terus mencari jalannya untuk aktualisasi diri. Seiring dengan Dawkins, bagi saya ego bukanlah kepalsuan. Ia adalah keaslian diri yang bergerak di luar tapal batas.

 Pelan-pelan saya mengakui kebenaran Selfish Gene dalam tatanan hidup sosial. manusia ke depan akan cenderung pragmatis. Lantas, manusia-manusia di sekitar hanya menjadi daya dukung pemenuhan kebutuhan pribadi. Seyogyanya, ego adalah bentuk lain dari keterikatan diri dengan duniawi.

Sophocles benar bahwa dari begitu banyak hal-hal yang menakjubkan di dunia ini, tiada yang lebih mengherankan daripada manusia.

Advertisements

3 thoughts on “Manusia Egois

  1. Iya ya, kita lebih mementingkan apa yang orang lain bilang, sampai suara asli diri ini seolah tak terdengar. Mungkin kita harus punya sedikit porsi lebih dari keyakinan ya, supaya pendapat orang lain cuma jadi pertimbangan, bukan penentu tindakan :)).

leave your thought

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s