Yang Tumbuh dan Yang Abai

Pada hari-hari yang mudah lelah, saya selalu takjub pada orang-orang yang senantiasa konsisten, atau setidak-tidaknya, mampu meluangkan waktu untuk sekadar menyampaikan gagasan, suara, atau kepedulian lain dalam bentuk apapun untuk memberi sumbangsih dalam menuntut peran Negara menyelesaikan kasus pelanggaran HAM. Orang-orang ini yang kemudian bagi saya adalah kemenangan. Paling tidak, karena mereka memiliki cadangan energi yang tidak ada habisnya dan tidak semua mampu seperti mereka, termasuk Negara itu sendiri.

Dalam konteks lain, saya hanya mampu menjura atas yang mereka lakukan. Bagi saya, ini cara terbaik menghargai mereka ketika saya tidak mampu mencapai titik yang mereka pijak hari ini. Dari 1965 hingga 1998, kisah terus tumbuh namun negara kian abai. Orang-orang yang menang ini kemudian menaja kehidupan dari yang tumbuh dan yang abai. Simbol-simbol disebarkan, jargon-jargon kian disuarakan, mereka tak mungkin bahkan tak bisa mati. Di bawah payung hitam, mereka menjadi anak zaman yang menyaksikan pengabaian dari hari ke hari terjadi.

Pada Mei, kita terus berkabung. Pengabaian pelanggaran HAM, kematian demonstran, hingga KPK beralih fungsi menjadi kuburan. Di Istana, manusia datang silih berganti, beribu-ribu rapat tak menghasilkan pendapat, melainkan berebut pendapatan. Dari dalam istana, keteguhan mereka mungkin dianggap sebagai kegiatan rutin mingguan. Namun dari luar istana, keteguhan adalah satu-satunya jalan perlawanan. Menjadi beda dan setia, mungkin frasa yang tepat untuk menggambarkan keberanian mereka hari ini. Setia pada jalan kebenaran, jalan yang sunyi yang tidak ditempuh oleh banyak orang.

Pada akhirnya, tulisan ini hanyalah sebuah ode pada mereka yang masih gigih, pada mereka yang mungkin dianggap berbeda, pada mereka yang senantiasa pada jalannya, jalan keadilan.

Post-scriptum:

Ditulis sambil mendengarkan Galih – Tak Ada Ode di Rumah

anotasi

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s